Catatan Misbakhun Kala Melayat Ibunda Pak Jokowi, Ibu Sujiatmi Notomiharjo.

Pak Jokowi keluar senyum dari bibir beliau sebagai sambutan saat melihat Pak Bambang dan saya datang melayat Ibunda Beliau Ibu Sujiatmi Notomiharjo ke kediaman beliau di Solo. Tersenyum dan menyapa kami dengan baik.

Pertama datang kami tidak bersalaman, karena dalam suasana _physcal distancing_ kami saling menyapa dan masuk ke dalam rumah dimana jenazah disemayamkan. Saya sholat jenazah sebagai imam, ada 2 orang makmum yaitu Pak BS dan Pak Iwan Bule ketua umum PSSI.

Saya memimpin sholat dan memimpin doa. Setelah itu kami keluar duduk di teras rumah menemani Bapak Presiden Jokowi. Disana sudah ada Pak LBP, Pak Pratikno, Pak Pramono Anung dan Pak Erick Thohir. Betambah dengan Pak Bambang Soesatyo dan saya. Kami duduk saling menjaga jarak. Antar kursi kami jaraknya agak berjauhan. _Physical distancing._

Kelihatan sekali ketegaran Pak Jokowi, beliau kelihatan tenang, terkontrol dengan baik emosi beliau. Saya yakin beliau mampu memimpin Indonesia baik dalam suasana berat menghadapi Covid19 sekarang ini dan keluar dari situasi serba sulit saat ini.

Pembicaraan di beranda depan hanya cerita ringan tentang cerita masa lalu beliau dan Ibu beliau saat masih kecil di Solo.

Setelah bercengkerama sekitar 10 menit kami undur diri, pamit.

Kami berangkat pagi dari Jakarta. Kembali setelah kami menyampaikan duka cita kepada Bapak Presiden Jokowi.

Saya bangga pada Pak Jokowi. Semoga Bapak Sukses memimpin Indonesia sebagai presiden yang dikenang karena kerja nyata yang dirasakan rakyat Indonesia.

M. Misbakhun
Solo.
26/03/2020

Related posts

Leave a Comment