Perkuat Kebhinekaan, FKUB Kota Pasuruan Bersama Pemuda Lintas Agama Hasilkan Deklarasi Tanjung

Perkuat Kebhinekaan, FKUB Kota Pasuruan Bersama Pemuda Lintas Agama Hasilkan Deklarasi Tanjung

Pasuruan – Menguatnya tren kekerasan atas nama agama yang kini menjadi salah satu isu kemanusiaan di dunia mendapat perhatian serius dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Pasuruan.

Organisasi strategis yang dipimpin oleh tokoh senior KH. Ali Iqbal tersebut mengambil langkah nyata dengan menggelar Outbond generasi Lintas Agama pada 14-15 Desember 2021.

Bertempat di Hotel Tanjung Plaza, Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan organisasi pemuda lintas agama tersebut diisi dengan serangkaian acara dan dibuka langsung oleh Kepala Bakesbangpol Kota Pasuruan H. Drs. Hardi Utoyo, MM.

Agenda berlanjut dengan materi orientasi pembekalan tentang Toleransi, Pluralisme dan Multikulturalisme yang disampaikan oleh FKUB Kota Pasuruan dan Lakpesdam NU Kota Pasuruan. Dilanjutkan dengan materi Moderasi beragama oleh Tokoh muda Kota Pasuruan Gus H.M. Nailur Rahman.

KH. Ali Iqbal menjelaskan bahwa pelatihan ini ditujukan untuk membangun kerukunan dan sinergi antara anak muda dari berbagai latar belakang agama di Kota Pasuruan.

“Ini upaya kami agar nilai kerukunan dan kearifan lokal kita sebagai bangsa yang majemuk tertanam sejak dini dan sejak muda. Program ini upaya dari FKUB agar nilai luhur itu tetap lestari” Terang KH. Ali Iqbal.

FKUB Kota Pasuruan menurutnya akan terus konsisten bersama anak muda membangun kebersamaan dan kerukunan pemuda lintas agama.

“Program bersama pemuda lintas agama ini akan menjadi program strategis tahunan kami” Pungkasnya.

Pembacaan Deklarasi Tanjung Pemuda Lintas Agama Kota Pasuruan.

Acara diakhiri dengan perumusan Deklarasi Tanjung yang berisi tentang Ikrar Pemuda Lintas Agama Kota Pasuruan dalam menjaga NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Para peserta secara serempak membacakan Deklarasi jelang penutupan acara.

Berikut isi Deklarasi Tanjung Pemuda Lintas Agama Kota Pasuruan.

DEKLARASI PEMUDA LINTAS AGAMA KOTA PASURUAN.
Kami Pemuda Lintas Agama Kota Pasuruan Berjanji :
1. Siap membangun dan merawat kerukunan beragama dan kerukunan nasional, demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dan menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika.
2. Mengimbau dan mengajak seluruh komponen umat beragama untuk menghargai perbedaan, mengedepankan persamaan dan meminimalisir kecurigaan dan prasangka buruk terhadap sesama penganut baragama, demi terciptanya kerukunan, kedamaian dan keamanan di Kota Pasuruan.
3. Mengajak seluruh komponen masyarakat beragama khususnya generasi muda untuk menolak segala bentuk eksploitasi isu-isu SARA, faham intoleran, radikalisme dan terorisme yang sangat berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan.
4. Mengajak seluruh komponen umat beragam untuk memperkuat kearifan lokal, sebagai daya tangkal intoleran, radikalisme dan terorisme.
5. Menolak segala bentuk penyebaran berita bohong/hoaks ujaran kebencian yang berpotensi menimbulkan konflik, menciderai kerukunan beragama dan kekacauan bangsa.

 

Tim Redaksi

Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *