Keluarga Besar PMII Merdeka Pasuruan Gelar Halal bi Halal, Teguhkan Semangat Juang Mengabdi di Nahdlatul Ulama.

Pasuruan – Sejumlah Alumni yang kini banyak berkhidmad di struktur Nahdlatul Ulama hadiri agenda Halal bi Halal yang diselenggarakan oleh keluarga besar PMII Komisariat Merdeka Pasuruan.

Bertempat di Aula Anisah Foundation Minggu (06/06/2021), acara yang berisi dialog podcast dari seluruh Alumni Ketua Komisariat PMII Merdeka Pasuruan itu membincang tentang peran sejarah masa lalu dan masa depan PMII dalam perjuangannya mencetak kader yang mengabdikan diri untuk NU dan NKRI.

Sejumlah Alumni yang kini menempati posisi strategis di Lingkungan NU hadir diantaranya H. Saad Muafi, SH yang menjabat sebagai Ketua PC. GP Ansor Bangil, Waladi Imaduddin yang menjabat sebagai Wakil Ketua Tandfidziyah PCNU Kota Pasuruan, Zulkarnain Mahmud yang kini dipercaya sebagai Ketua Lakpesdam NU Kota Pasuruan serta banyak lagi alumni yang hampir semuanya berkhidmad di NU.

Waladi Imaduddin dalam paparannya menjelaskan tentang lima konstruksi kekuatan yang harus dimiliki oleh organisasi seperti PMII.

Lima Konstruksi Kekuatan organisasi itu adalah Silaturahmi, Silatul Afkar (Persamaan Pikiran) , Silatul Amal (Terus Bergerak bersama) , Silatul Ikhtiar (Selalu Berusaha untuk kebaikan bersama) , Silatur Ruh (Spiritualitas).

Penguatan basic ideologi, pengembangan basis massa dan penguasaan IPTEK disebutnya menjadi tantangan besar kedepan untuk PMII Merdeka agar menjadi organisasi yang sangat disegani.

“Mari melahirkan api sejarah dan membuang abu sejarah untuk menuju organisasi Go yg berdaya” Terang Waladi yang juga menjabat sebagai Dewan Instruktur PW GP Ansor Jatim.

Sementara itu H. Saad Muafi atau yang akrab disapa Gus Avi dalam paparannya menyebut kader PMII harus berani mengambil momentum dan mengambil resiko dalam khidmadnya di masyarakat dan Nahdlatul Ulama.

Dirinya lantas menyampaikan kilas balik berdirinya PMII Komisariat Merdeka Pasuruan yang disebutnya penuh resiko karena harus berhadapan dengan realitas kampus umum yang banyak diisi oleh kelompok mahasiswa yang acuh pada organisasi bernafaskan islam.

“Kini kita banyak mendistribusikan kader kita untuk berkhidmad di organisasi Nahdlatul Ulama, menjadi kebanggan karena kita berangkat dari latar belakang kampus umum bukan kampus islam. Ini bukti bahwa kaderisasi PMII Merdeka Pasuruan telah berhasil” Tegas Gus Avi yang merupakan ketua Komisariat pertama PMII Merdeka Pasuruan.

Beberapa masukan dan pikiran strategis banyak tersampaikan dalam dialog halal bihalal yang berlangsung hingga petang. Pendirian Kantor Permanen hingga penerbitan buku bunga rampai pergerakan menjadi beberapa hasil diskusi yang akan ditindaklanjuti.

Related posts

Leave a Comment