Gubernur Jatim Kunjungi Pasar Meubel Bukir, Kuatkan Rencana Pembangunan Plaza Meubel

Pasuruan – Kunjungan Gubernur Jawa Timur ke Pasar Meubel Bukir buktikan komitmen Khofifah Indar Parawansa dalam membangun Industri kerajinan kayu khas Kota Pasuruan.

Agenda kunjungan Gubernur yang berlangsung pada senin sore (24/05/2021) disambut langsung oleh Walikota Pasuruan H. Syaifullah Yusuf.

Dalam agenda kunjungan yang relatif singkat itu, Khofifah Indar Parawansa menggelar diskusi terbatas bersama Walikota Pasuruan yang didampingi Wakil Walikota Pasuruan Kapolresta Pasuruan dan Ketua DPD Partai Golkar Kota Pasuruan.

Dalam rembug dialog bersama Walikota Pasuruan, Gubernur menjelaskan tentang rencana pembangunan Plaza Meubel Bukir yang akan menjadi episentrum bisnis permeubelan di Jawa Timur.

Dijelaskan oleh Khofifah bahwa konsep Plaza Meubel yang akan dibangun harus sesuai dengan kebutuhan modernisasi meubel.

“Saya ingin melihat apakah UPT Disperindag Provinsi sudah siap untuk menjawab kebutuhan modernisasi di sekitar sini. Ternyata butuh sarpras baru, alat-alat yang lebih modern dan butuh desainer” Jelas Khofifah.

Detail kebutuhan lebih lanjut disampaikan khofifah ada dalam rencana Walikota. “Detail kebutuhannya pak Walikota yang lebih tahu” Tambahnya.

Sementara itu Walikota Pasuruan Gus Ipul Gus Ipul juga menyambut baik karena gubernur merespon apik usulan pembangunan Pasar Mebel menjadi Plaza Mebel Bukir. Dikatakan Gus Ipul, ini adalah momentum mengembalikan kejayaan pasar mebel di Pasuruan.

Yang lebih penting selain menyiapkan Plaza Meubel adalah bagaimana menyiapkan SDM Perkayuan dan kaderisasi profesi meubeler.

“Sebenarnya potensi dan SDM teman-teman di Bukir ini sejajar dengan para perajin di Jepara, Jawa Tengah. Namun belakangan kita mulai tertinggal. Ini saatnya kita bangkit mengejar ketertinggalan,” Terangnya.

Gus Ipul menyebut, pemkot akan menyiapkan lahan di sekitar Bukir untuk dihibahkan ke Pemprov Jawa Timur. Lahan itu akan dibangun sebagai lokasi SMK Perkayuan Kota Pasuruan.

“Terima kasih kepada ibu gubernur yang punya perhatian atas potensi di sini. Beliau (Gubernur) akan memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang permebelan,” kata Gus Ipul.

Nantinya, lanjut Gus Ipul, SMK Perkayuan akan menjadi tempat atau wadah bagi siapapun yang memiliki minat untuk mendalami ilmu tentang mebel. Jadi SMK itu akan menjadi tempat untuk meningkatkan SDM.

Related posts

Leave a Comment