119, Call Center PSC Kota Pasuruan di Launching

Pasuruan – Inovasi layanan publik terus dilakukan oleh pemimpin baru Kota Pasuruan Gus Ipul – Mas Adi. Siang tadi (07/04/2021) bertempat di Hall Room Valencia, Pemerintah Kota Pasuruan meluncurkan Public Safety Center (PSC).

Bertajuk ‘Sosialisasi dan Penandatanganan Komitmen Bersama Pengembangan Public Safety Center 119 di Kota Pasuruan’ acara berlangsung dengan dihadiri oleh stake holder terkait.

Selain Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan, nampak hadir Ketua DPRD Kota Pasuruan, Kasatlantas Polresta Pasuruan dan Direktur RSUD Kota Pasuruan dan Kepala Dinas Kesehatan dr. Shierly Marlena yang menjadi PIC dalam program PSC 119.

Sistem penanggulangan gawat darurat terpadu yang terintegrasi dan berbasis call center 119 adalah tindak lanjut dari INPRES Nomer 4 tahun 2013 dan SK Walikota Nomer 188/273/22301/2020 tentang Public Center Penanggulangan Gawat Darurat.

Adapun tujuan dari PSC 119 adalah sebagai upaya optimalisasi layanan gawat darurat dan diharapkan menekan angka kejadian kematian atau kecacatan akibat lambatnya penanganan gawat darurat.

“Penandatangan komitmen bersama ini sebagai simbol semangat bersama mewujudkan respon cepat layanan kesehatan kepada masyarakat. Sesuai dengan komitmen besar Walikota Pasuruan untuk menyediakan ambulance gratis dan layanan kesehatan lainnya” Terang dr. Shierly.

Call center dengan nomer 119 adalah nomer yang dapat diakses oleh warga Kota Pasuruan untuk mengakses layanan kesehatan gawat darurat.

“Perlu saya laporkan bahwa sejak februari 2021 call center 119 sudah menerima 48 panggilan dari masyarakat yang dilayani, diantaranya kegawat daruratan tentang penyakit dan kecelakaan lalu lintas” Jelasnya.

Walikota Pasuruan Gus Ipul menyampaikan apresiasi atas terobosan program inovasi layanan kegawat daruratan yang mudah dan cepat di akaes publik.

“PSC 119 diharapkan semakin profesional melayani masyarakat. Ini sesuai dengan visi misi saya bersama Mas Adi dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat Kota Pasuruan” Jelas Gus Ipul.

Guna menunjang cepatnya layanan kepada masyarakat, Gus Ipul dan Mas Adi secara serius meminta agar anggaran pengadaan mobil dinas walikota dan wakil walikota Pasuruan untuk dialihkan menjadi mobil ambulance masyarakat.

“Saya meminta agar pengadaan mobil dinas saya dan Mas Adi dialihkan untuk pengadaan Ambulance. Agar layanan kesehatan kepada masyarakat menjadi lebih cepat dan profesional” Ucap Gus Ipul yang disambut tepuk tangan audiens yang hadir.

Agenda kemudian ditutup dengan penandatanganan Komitmen bersama dan launching Public Safety Center (PSC) 119 di Kota Pasuruan oleh Walikota Pasuruan.

Related posts

Leave a Comment