RPJMD, Gus Ipul Targetkan RTRW Tuntas Hingga Dorong Beli Produk UMKM Lokal

Pasuruan – Jalan awal Gus Ipul selaku Walikota Pasuruan dimulai dengan menyiapkan secara serius Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026.

Bertempat di Valencia Resto Kota Pasuruan (29/03/2021), Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf menyampaikan beberapa penekanan pada seluruh peserta dalam Konsultasi Publik Ranwal RPJMD.

Beberapa hal yang menjadi penekanan di antaranya instruksi untuk menggunakan produk lokal daerah Kota Pasuruan untuk kebutuhan perangkat daerah.

Gus Ipul menekankan untuk kebutuhan mebeler misal agar memesan produk mebel dari Bukir. Demikian juga untuk produk-produk UMKM lainnya.

“Saya serukan gunakan produk lokal. Produk kota Pasuruan sendiri. Misalnya, pengadaan mebel perangkat daerah jangan beli dari luar kota, tapi beli dari Bukir saja. Juga produk UMKM lainnya seperti mamin juga harus dibeli“ ujar Gus Ipul.

Gus Ipul melanjutkan RPJMD yang dirancang harus menggambarkan wajah Kota Pasuruan sebagai Kota Madinah. Apalagi lima tahun ke depan ada bonus demografi wilayah. Maka, di tahun ini Gus Ipul dan Mas Adi memulai semangat pembangunan dari titik nol.

Dari titik nol tersebut merupakan langkah untuk mengimplementasikan kota madinah.

Hal lain yang menjadi sorotan Gus Ipul adalah selama dua tahun Kota Pasuruan mendapatkan opini Laporan Keuangan Daerah dengan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Gus Ipul memerintahkan semua perangkat daerah saling bersinergi untuk merebut kembali opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“WDP jadi sorotan karena kita satu-satunya kota di Indonesia yang mendapatkan WDP. Harus rebut kembali WTP” Tega Gus Ipul.

Belum rampungnya Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) juga menjadi perhatian dari Gus Ipul. Walikota berkelas Nasional itu menargetkan dinas terkait untuk merampungkan RTRW dalam tiga bulan ke depan.

“RTRW ini sepuluh tahun kok ndak selesai-selesai. Tolong dinas terkait untuk mengidentifikasi apa kendalanya. Saya tergetkan dalam dua, tiga bulan selesai, “ jelas Gus Ipul.

Related posts

Leave a Comment