Rencana Pembangunan Kawasan Wisata Religi, Gus Ipul – Mas Adi Minta Restu dan Masukan Ulama

Pasuruan – Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) – Adi Wibowo (Mas Adi) menemui sejumlah pengurus Masjid Jami’ Al – Anwar Kota Pasuruan, kiai, habaib Kota Pasuruan, Jumat (19/3/2021) siang.

Sejumlah kiai, habaib yang ditemui adalah KH Idris Hamid, KH Abdullah Sidik, KH Khodir, dan sejumlah pengurus lainnya. Gus Ipul mengajak musyawarah pengurus masjid Al – Anwar terkait rencana pembangunan wisata religi.

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul menyampaikan pra design pembangunan kawasan wisata religi Kota Pasuruan. Mulai dari pembenahan kawasan alun – alun, kawasan masjid, hingga kawasan makam KH Abdul Hamid Ahmad.

“Ini adalah gambaran awal. Nanti, kami akan sempurnakan ke depan. Kami mohon doanya kiai, semoga pembangunan kawasan wisata yang terintegrasi ini bisa diberikan kemudahan dan kelancaran,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul mengakui, hari ini lebih banyak menerima masukan, pendapat, saran dan nasehat agar pembangunan kawasan religi yang terintegrasi dengan alun – alun, masjid, mall poncol,  makam Kiai Hamid, dan pusat perdagangan jasa ini maksimal.

“Mudah – mudahan nantinya, kawasan religi yang terintegrasi ini bisa menjadi pengungkit sebagai pusat pertumbuhan ekonomi, agar masyarakat Kota Pasuruan semakin sejahtera,” jelas dia.

Dikatakan Gus Ipul, kesimpulan dari musyawarah hari ini adalah bagaimana membuat kawasan religi ini tertata dan membuat wisatawan nyaman bewisata di Kota Pasuruan. Salah satu upanya, adalah melengkapi fasilitas umum.

“Kami akan tata masjidnya, kami akan tata alun – alunya, pedagangnya, dan pertokoan di sekitar alun – alun. Kami sudah punya konsepnya, dan saya yakin konsep ini bisa diterapkan,” papar dia.

Terpisah, KH Idris Hamid sangat mengapresiasi upaya Gus Ipul dan Mas Adi yang aktif membangun komunikasi dengan banyak pihak terkait rencana pembangunan dan penataan kawasan religi Kota Pasuruan.

“Saya salut, Gus Ipul mau menemui banyak pihak untuk mendapatkan inspirasi dalam membangun kawasan religi yang terintegrasi dan rencananya akan jadi ikon Kota Pasuruan ini,” kata dia.

Menurutnya, upaya komunikasi dengan banyak pihak inilah yang nantinya akan membuat pembangunan Kota Pasuruan semakin baik dan maksimal. “Saya mendukung penuh apa yang direncanakan Gus Ipul dan Mas Adi ini,” tutup dia.

Related posts

Leave a Comment