Mas Adi Hadiri Haul Waliyullah KH. Abdul Hamid, Sampaikan Tentang Keteladanan Sang Wali

Pasuruan – Calon Wakil Walikota Pasuruan Adi Wibowo hadiri Haul akbar ke 39Al Arif billah KH. Abdul Hamid Kota Pasuruan pada senin (26/10/2020).

Haul yang terlaksana dalam situasi pandemi itu dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu Haul tersebut juga dilakukan dengan cara virtual yang ditayangkan secara daring di beberapa masjid dan pondok pesantren guna mengurangi kepadatan jamaah Haul di area pondok pesantren salafiyah Kota Pasuruan.

Mas Adi yang hadir dalam Haul tersebut mendapat undangan langsung dari pengasuh ponpes Salafiyah KH. Idris Hamid. Politisi muda itu hadir tepat sebelum acara Haul dibuka oleh cucu Al-maghfurlah KH. Abdul Hamid yaitu Gus Muhammad Nailur Rahman.

Jalannya Haul yang tetap berlangsung khidmad dalam situasi pandemi mendapatkan apresiasi luar biasa dari Mas Adi.

“Alhamdulillah haul Romo Kyai Hamid ini walaupun dalam situasi pendemi tidak mengurangi kekhidmatan dan animo masyarakat untuk mengikutinya baik secara langsung dan tetap mengikuti protokol kesehatan juga secara virtual dapat kita saksikan dari berbagai tempat baik yang memang disiapkan panitia maupun masyarakat sendiri” Jelas Mas Adi.

Mas Adi menjelaskan Haul Kyai Hamid tetap menjadi magnet umat dalam situasi apapun. Momentum Haul Kyai Hamid disebutnya memberikan banyak manfaat baik secara religius, sosial, kemanusiaan dan manfaat positif lainnya.

“Manfaat-manfaat positif ini tentu kedepan dapat lebih di tingkatkan dengan sinergi perencanaan pembangunan yg dilakukan oleh pemerintah Kota Pasuruan yaitu mengintegrasikan dengan pembangunan kawasan wisata religius”. Tandasnya.

Konsep pembangunan wisata religius yang mengintegrasikan aktivitas religius dengan aktivitas sosial ekonomi masyarakat Kota Pasuruan menurutnya dapat memberikan dampak positif langsung baik jangka pendek dan jangka panjang.

Selanjutnya, sebagai calon pemimpin di Kota Pasuruan Mas Adi memberikan pandangannya atas manaqib wali besar kebanggaan Kota Pasuruan Al-maghfurlah KH. Abdul Hamid.

“Kyai Hamid ini seorang wali yang rendah hati, meskipun beliau memiliki ilmu yang tinggi beliau tetap bersikap hormat pada siapapun, termasuk yang miskin sampai yang kaya, dari yang jelata sampai yang jam berpangkat. Semua orang beliau layani dan hargai. Akhlak beliau sangat mulia, penghargaan terhadap orang, terhadap ilmu, terhadap orang alim, terhadap ulama dan habaib, bahkan sikap beliau layaknya sikap seorang santri kepada kiainya.” Ungkapnya.

Kedepan manaqib Waliyullah KH. Abdul Hamid menurut Mas Adi harus menjadi teladan dan karakter anak muda Kota Pasuruan yang menjunjung tinggi akhlakul karimah dan kegigihan dalam belajar ilmu.

Ditengah situasi krisis moral seperti saat ini, Mas Adi menyebut pentingnya keteladanan akhlak Romo Kyai Abdul Hamid. Hal tersebut menurutnya karena akhlak yang baik itu yang akan menjaga kita semua, generasi muda kita, masa depan bangsa kita dlm menyambut masa depan.

“Ini tentu dapat menjadi teladan bagi kita semua terutama generasi muda seiring dengan tantangan zaman, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga budaya dari luar, sehingga bagaimana kita tetap dapat menjaga akhlak kita seperti teladan yang Romo Kyai Hamid berikan” Pungkasnya.

Related posts

Leave a Comment