Reses, Nick Sugiharti Berikan Pembekalan Perangkat Desa Hadapi Covid-19

Pasuruan – Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Nick Sugiharti, ST, menggelar Reses Masa Sidang I tahun SIDANG 2019/2020. Bertempat di Balai Desa Ngembe Kecamatan Beji, Acara yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19 berlangsung secara dialogis pada Sabtu (05/09/2020).

Hadir pada acara Reses, Bapak Kades beserta Bu Kades Ngembe, Perangkat Desa Ngembe, KAWIL beserta Perangkat desa dari 6 desa di Kecamatan Beji dan Kader GEMAS DARLING (Gerakan Masyarakat Sadar Lingkungan)  Kecamatan Beji.

Dalam Kesempatan itu, Politisi Perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar Kabupaten Pasuruan menyampaikan tentang pentingnya bersikap arif dan bijaksana bagi seluruh Perangkat Pemerintah Desa dalam menyikapi INPRES Nomer 4/2020 tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi Aggaran serta Pengadaan Barang Jasa dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Selanjutnya dalam paparan materinya, Nick Sugiharti menjelaskan tentang PMK RI nomer 38/PMK-02/2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Keuangan Negara untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan/atau menghadapi Ancaman yang membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas sistem Keuangan. Utamanya yang berkaitan dengan penundaan pelaksanaan Program-program Pembangunan akibat wabah Covid-19.

“Saya sampaikan tentang pentingnya para perangkat desa untuk menjadi Pelopor dan Pahlawan Covid’19 dalam menerapkan dan melaksanakan Protokol Kesehatan yang benar, minimal memberikan contoh pada masyarakatnya di kehidupan Era Normal Baru ini” Jelasnya.

Salah satu bahan diskusi penting dalam Reses yang digelar pagi hingga siang itu adalah upaya untuk mencari terobosan sumber dana pembangunan selain dari APBD, misalnya strategi pendanaan dari dana CSR Perusahaan.

“Mengingat sangat terbatasnya APBD yang tersedia, khususnya pada saat ini saat menghadapi Wabah Covid19. Saya memberi opsi dan strategi bagaiamana membangun strategi penggalian sumber dana melalui CSR. Mengingat Kecamatan Beji banyak berdiri perusahaan” Pungkasnya.

Related posts

Leave a Comment