Kampung Susu Dinasty Agrowisata tersembunyi yang layak dikunjungi di Tulungagung

Ainis Saadah, Pemilik Kampung Susu Dinasty Tulungagung

Kampung Susu Dinasty Agrowisata tersembunyi yang layak dikunjungi di Tulungagung

Tulungagung, Kabarkarya.com,- Di kabupaten Tulungagung tepatnya di Desa Sidem Kecamatan Gondang  Kabupaten Tulungagung , sekitar 15 kilometer dari pusat kota terdapat kampung wisata edukasi yang bernama Kampung Susu Dinasty yang berfungsi sebagai sarana mengenalkan dunia ternak sapi perah. Untuk bisa menuju ke Lokasi kampung Susu dinasty pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun empat dan kalau mau lebih simpel bisa naik angkutan online. Awak media ini ketika berkunjung ke lokasi dan wawancara langsung dengan owner Kampung Susu Dinasty Ainis Saadah.  Ketika ditanya tentang tertarik dengan usaha seperti ini Ainis saadah bercerita bahwa dia  ingin mengembangkan usaha agrowisata kampung susu dinasty, wisata edukasi peternakan dan produk olahan berbasis susu sapi, yaitu susu pasteurisasi dinasty dan minuman yoghuŕt. Dan yang paling penting adalah bisa memberdayakan masyarakat sekitar kampung untuk turut serta membangun usaha ini. Ainis melanjutkan bahwa usaha kampung susu Dinasty dimulai sejak tahun 2008 dan dengan beberapa proses tahapan penyempurnaan. Untuk Produk olahan susu pasteurisasi dinasty kami produksi mulai Tahun 2013. Sedangkan Agrowisata dan wisata edukasi kampung susu kami buka mulai tahun 2016 sampai sekarang.

Produk apa saja yang kini saudara perdagangkan, terus dari daerah mana saja pemasarannya? Terus ketersedian bahan baku bagaiman?

Ainis kembali menjelaskan bahwa Produk susu pasteurisasi dinasty kami pasarkan untuk pasar lokal area tulungagung dan sekitar nya. Karena susu pasteurisasi dinasty tidak pake pengawet, serta sifat susu yg mudah sekali rusak, kami hanya bisa memasarkan di pasar lokal utama nya di wisata kampung susu dinasty saja.Wisata edukasi kami bnyak berasal dari lembaga sekolah utama nya anak2 Paud, Tk, SD, SMP, SMA, Mahasiswa, serta kelompok masyarakat banyak yg berasal dari Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Madiun, Pasuruan, Bondiwoso, Bojonegoro, Jombang, Kediri, Blitar, Surabaya, Sidoarjo dll. Untuk Pengunjung umum banyak berasal dari daerah jatim khusus nya jatim bagian barat.

Kampung Susu Dinasty

 

Apa saudara juga membangun kemitraan dengan pengusaha besar, pemerintah atau semacamnya di Tulungagung atau diluar?

Ainis kembali melanjutkan bahwa Kampung susu dinasty membangun kemitraan dan kerja sama dengan  instansi  terkait di wilayah Tulungagung diantara nya dinas pariwisata, dinas pendidikan, dinas peternakan, dinas ketahanan pangan, dinas koperasi dan Umkm, dinas perindustrian dan perdagangan, dinas pertanian, dinas kesehatan.

Ketika ditanya tentang harapan  dalam  memajukan ekonomi kerakyatan lewat UMKM  kedepan seperti apa Ainis dengan tegas mengatakan  sangat berharap dan memohon kepada Pemerintah daerah atau dinas yg membidangi, karena kami juga bergerak di bidang pariwisata mohon kira nya difasilitasi infra struktur yg mendukung karena akses jalan yg saat ini masih sempit dan kurang lebar dan berharap segera ada pelebaran jalan sehingga bis besar bisa masuk ke lokasi kami dengan lancar, mengingat kampung susu dinasty terletak di bawah pegunungan dan di ujung pedesaan ( desa sidem, kec gondang, kab tulungagung ) yang akses jalan nya masih susah utk di lalui kendaraan besar.

Harapan kami usaha kami bisa berkembang pesat, sehingga banyak wisatawan yg datang berkunjung, yang akhir nya ikut juga menyukseskan program pariwisata dan ikut menyumbang omset pemerintah daerah Tulungagung karena banyak nya wisatan yang masuk, Serta bisa mengangkat ekonomi masyarakat sekitar. Karena kunjungan wisatawan banyak membawa kebaikan utk masyarakat sekitar kampung susu dinasty, pungkasnya.

 

 

Musim hujan tanpa ditemani susu hangat sama dengan jombloh kesepian berharap pacar tanpa usaha, yuk kepoin datang langsung Desa Sidem Kecamatan Gondang Kabuten Tulungagung, rasakan kehangatan susu dinasty secara langsung DIJAMIN SEHAT…..

 

 

Related posts

Leave a Comment